bioskop online

Tak Hanya WannaCry, Waspadai Juga Ancaman dari 5 Malware Berbahaya Ini

Indonesia, dan beberapa belahan dunia lain sempat direpotkan dengan serangan masal malware WannaCry beberapa waktu lalu

Dunia internet – Indonesia, dan beberapa belahan dunia lain sempat direpotkan dengan serangan masal malware WannaCry beberapa waktu lalu. Kejadian tersebut membuat heboh karena malware WannaCry menyerang komputer-komputer dari instansi penting domino88. Mengunci datanya, dan meminta tebusan dalam nilai besar demi kamu bisa menggunakan komputer lagi. Apes sekali bukan? Terlebih untuk para instansi, yang diserang langsung adalah komputer server. Yang berarti ada banyak sekali data penting di dalamnya.

Namun jangan lengah karena hingga saat ini pun, meski tak lagi “segila” sebelumnya, malware WannaCry masih aktif menyerang komputer demi komputer. Hingga saat ini sudah dilaporkan lebih dari 100 ribu komputer dan sistem yang menjadi korban.

Selain malware WannaCry, ada juga 5 malware berbahaya ini yang wajib kamu perhatikan dan hindari.

1. Sality

Banyak pengguna komputer dengan sistem operasi Windows sepertinya tak asing lagi dengan nama malware satu ini. Sality, merupakan malware berbahaya dan sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, bila malware lain akan menyerang pada file atau bahkan dokumen-dokumen, Sality akan langsung menyerang sistem operasi dan server dari jalannya komputer.

Dari sini, baru sality akan secara perlahan namun pasti mulai menyerang sistem yang lain. Hingga melakukan pencurian data-data pribadi. Tak itu saja malware ini pun berkimbang biak dengan cepat dan menjadikan komputer menjadi lambat dalam waktu cepat. Menjengkelkan sekali bukan?

2. Hlux

Satu lagi malware yang rasanya sudah tak begitu asing lagi. Hlux memiliki nama lain kalihos, dan memiliki kerja yang rasanya sama saja dengan malware lain. Namun jauh lebih berbahaya. Bagaimana tidak, malware ini tak akan sekedar menyusup ke dalam data server kita akan membuat kacau dokumen yang dimiliki. Tak begitu saja. Hlux ini masuk ke dalam jaringan hingga bisa membuat banyak spam.

Bila sudah begini, maka kamu tak akan punya pilihan selain melakukan reparasi komputer, sistem operasi, dan jaringan kamu. Terlebih bila akhirnya Hlux sampai pada tujuan akhir mereka : mencuri identitas, data perbankan, hingga bitcoin! Duh seram sekali ya malware satu ini.

3. Necurs

Necurs mungkin bisa dikatakan merupakan versi lain dari malware WannaCry. Mengingat kedua malware ini bekerja dengan cara dan trik yang nyaris sama. Keduanya akan diam-diam masuk, diam di server pada komputer kamu, dan akhirnya menguasai komputer sepenuhnya. Mirip dengan malware WannaCry bukan?

Pada akhirnya, Necurs akan menutup akses pada komputer dan mematikan sistem yang masuk atau keluar komputer. Yang berarti kamu sama sekali tak bisa membaca atau masuk ke dalam komputer. Sama sekali. Hingga akhirnya merreka akan meminta tebusan untuk kamu bisa membuka kunci dari sistem komputer ini sendiri.

Ini sih tak hanya menyebalkan, namun juga super merugikan. Bukan?

4. Zeroaccess

Jenis malware ini mungkin lebih tepat juga dikatakan sebagai sebuah trojan. Dimana ketika masuk ke dalam server pada pada sistem komputer, Zeroaccess tak akan banyak melakukan apapun. Selain membuka akses ke banyak malware dan virus lain. Ia akan secara perlahan, hati-hati (hingga kadang tak terdeteksi adanya virus dan malware ini di antivirus), dan benar-benar tersembunyi untuk membuka celah keamanan pada komputer.

Setelah itu baru akan ada banyak sekali virus, malware, dan berbagai jenis trojan yang masuk dan menginvasi komputer serta server. Hingga akhirnya? Data kamu tercuri, sistem diretas, hingga sistem operasi yang akhirnya jebol dan rusak. Zeroaccess ini memang tipe trojan menyebalkan dan juga super duper merepotkan ya.

5. Mirai

Nama Mirai pastinya sudah sangat akrab ditelinga para pengguna komputer. Bayangkan saja, jenis virus dan malware ini sangat merepotkan sedangkan tak ada banyak cara untuk mengatasinya. Mengesalkan sekali bukan?

Mirai, dikenal sebagai salah satu malware dengan penyerang DDoS paling banyak. Mirai menyerang pada Internet of Things (IoT), yang menjadi sebuah botnet. Merepotkan terlebih lagi ketika Mirai ini bahkan dikenal sebahai malware dengan serangan DDoS terbanyak yang ada di dunia.

Serangan Mirai ini pun sudah sangat meluas. Dan kadang, membuat pengguna terpaksa mengganti sistem operasi.